Plafond maksimal KTA Mandiri

Berapa Plafond maksimal yang bisa diperoleh?

Pertanyaan itu seringkali diajukan ketika seseorang ingin mengajukan KTA Mandiri. Berikut caranya menghitung berapa maksimal plafond KTA Mandiri yang bisa Anda peroleh:
  • Tentukan Jenis KTA. Apakah masuk ke kategori: KTA Reguler, KTA Payroll, KTA Mitrakarya, KTA Mitrakarya Ekstra ? Langsung hubungi saya jika bingung menentukan jenis KTA-nya (SMS aja: Nama Perusahaan dan transfer penggajianya via bank apa).
  • Menentukan kemampuan mengangsur. Kemampuan mengangsur secara umum adalah sepertiga dari penghasilan. Sedangkan menurut Bank Mandiri adalah sebagai berikut:
1.       KTA Reguler: 30% dari penghasilan (maksimal 5x penghasilan)
2.       KTA Payroll: 30% dari penghasilan (maksimal 9x penghasilan)
3.       KTA Mitrakarya: 40% dari penghasilan
4.       KTA Mitrakarya Ekstra: 40% dari penghasilan. 60% dari penghasilan untuk penghasilan diatas 5jt

Contoh:
Saya Arul bekerja di Astra Honda Motor dengan penghasilan perbulan rata-rata 6 jt yang ditransfer melalui Bank Mandiri. Saya belum memiliki angsuran apapun. Berapa maksimal yang bisa saya peroleh jika saya ingin ambil jangka waktu 5 th?

Jawab:
Saudara Arul berhak mendapatkan KTA Mitrakarya Ekstra dengan kemampuan mengangsur 60% dari 6 jt yaitu 3,6 Jt. Artinya saudara Arul bisa mendapatkan KTA Mandiri yang angsuran perbulannya maksimal 3,6 jt yaitu sekitar 150 jt. Liat tabel berikut ini:

Jika Arul sudah punya angsuran kredit seperti angsuran KPR atau angsuran Motor maka perhitungannya akan berbeda lagi.

1 Response to "Plafond maksimal KTA Mandiri"

Terimakasih atas komentar Anda